Blog

Sajikan Pelayanan Perizinan yang Transparan dan Akuntabel, JOSS, CETTAR Banget

  |   Business

dpmptsp.jatimprov.go.id – Payung teduh aturan perundang-undangan terkait pelaksanaan kegiatan penanaman modal di Indonesia telah dikembangkan. Percepatan pelaksanaan berusaha menjadi salah satu energi positif yang menaungi calon investor dalam menjalankan modalnya di negeri ini.

Indonesia telah membuka kran investasi sebesar-besarnya, beberapa landasan hukum telah diterbitkan, diantaranya, Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, serta Peraturan Presiden Nomor 91 tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha”.

Hal tersebut diaamiini oleh pemerintah daerah Provinsi, Kabupaten/Kota dalam upaya menggaet calon investor. Bebagai inovasi maupun aturan daerah dibuat sebaik mungkin guna menarik investasi baik dalam negeri maupun luar negeri.

Provinsi Jawa Timur menjadi barometer investasi wilayah Indonesia Timur melakukan langkah konkret dengan menerbitkan Peraturan Gubernur Jawa Timur nomor 69 tahun 2020 tentang penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur.

Peraturan Gubernur inilah yang mendasari dibangun JOSS (Jatim Online Single Submission) sebagai sebagai satu-satunya aplikasi pelayanan perizinan mencakup seluruh sektor perizinan yang menjadi kewenangan Provinsi Jawa Timur dan telah terintegrasi dengan layanan helpdesk sebagai media layanan konsultasi.

Sajikan sistem pelayanan perizinan yang transparan dan akuntabel, JOSS sejalan dengan tagline program Nawa Bhakti Satya Gubernur Jawa Timur, yaitu CETTAR (Cepat, Efektif & Efisien, Tanggap, Transparan, Akuntabel dan Responsif).

Selain CETTAR, JOSS juga sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, serta Peraturan Presiden Nomor 91 tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

 JOSS Tampil di East Java Investival 2020

 Sementara itu Perhelatan akbar di bidang penanaman modal East Java Investival resmi dibuka oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kamis, (25/11) di Grand Ballroom Hotel Sheraton Surabaya.

DPMPTSP Provinsi Jawa Timur berkesempatan menampilkan JOSS pada booth stand berukuran 2,4 m². Selain menampilkan JOSS, DPMPTSP Provinsi Jawa Timur juga menampilkan INI JATIM (Informasi Investasi Jawa Timur) yang merupakan portal aplikasi yang menyajikan informasi terkait potensi dan peluang investasi serta sarana pendukungnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah mengunjungi booth stand DPMPTSP Provinsi Jawa Timur dan mengapresiasi baik atas hadirnya aplikasi JOSS serta INI JATIM. (ds)