“INVESTMENT MASTERCLASS 2022 ” Peningkatan Kapasitas SDM dalam rangka Meningkatkan Promosi Investasi di Jawa Timur
22144
post-template-default,single,single-post,postid-22144,single-format-standard,bridge-core-1.0.6,ajax_fade,page_not_loaded,boxed,,qode-theme-ver-18.2,qode-theme-bridge,disabled_footer_bottom,wpb-js-composer js-comp-ver-6.0.5,vc_responsive
 

“INVESTMENT MASTERCLASS 2022 ” Peningkatan Kapasitas SDM dalam rangka Meningkatkan Promosi Investasi di Jawa Timur

dpmptsp.jatimprov.go.id  –  Di masa yang akan datang, investasi adalah tulang punggung display ekonomi daerah sekaligus motor penggerak perekonomian. Salah satu pendongkrak iklim investasi yang berkembang dan berkelanjutan adalah melalui promosi investasi. Promosi investasi dilakukan dalam upaya untuk manarik minat investor baik investor dalam negeri (PMDN) maupun luar negeri (PMA).

Dalam rangka membangun strategi promosi investasi yang efektif dan dinamis, pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota perlu meningkatkan kemampuan teknis bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melakukan kegiatan promosi investasi secara tepat, efektif dan jelas kepada calon investor.

Sebagai implementasinya, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan “INVESTMENT MASTERCLASS 2022”. Dengan mengambil tema “Peningkatan Kapasitas SDM dalam rangka Meningkatkan Promosi Investasi di Jawa Timur”, kegiatan digelar pada tanggal 14 – 16 Juni 2022 di Grand Mercure, Malang.

Acara yang digelar selama tiga hari tersebut dibuka oleh Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Timur Aris Mukiyono, dan diikuti 38 peserta ASN dari Kabupaten/Kota yang membidangi promosi investasi.

Dalam sambutannya, Aris Mukiyono menegaskan tentang pentingnya peningkatan kapasitas diri bagi ASN. “Setiap personil ASN di DPMPTSP daerah diharapkan dapat meng-upgrade diri, serta berinovasi untuk dapat menciptakan kegiatan yang inovatif walaupun dengan dana yang terbatas. Semakin tinggi jabatan maka semakin banyak jumlah waktu yang dibutuhkan untuk upgrading skill,” pesan Aris kepada peserta.

Kegiatan Investment Masterclass 2022 ini, lanjut Aris, patut didukung sebab dapat dilihat sebagai upaya pembekalan kompetensi bagi ASN. Selain memberikan stimulus peningkatan kemampuan teknis dalam strategi promosi investasi, kegiatan ini juga ingin meningkatkan kapabilitas peserta dalam penguasaan bahasa asing, khususnya Bahasa Inggris.

Investment Masterclass 2022 menempuh 20 jam pelajaran, dengan materi antara lain : Personal Development, Interpersonal Relationship, English Best Practice, Market Research Penyusunan Proyek Investasi, Strategi Promosi Daerah, Capacity Building, serta penilaian presentasi kelompok.

Untuk mengenali serta mengembangkan potensi diri, peserta mendapatkan pembekalan materi Personal Development dan Interpersonal Relationship dari Yessyca Diana Gabrielle, Direktur Yesthepro Psychotest and Training Center.

Sementara itu, sebagai upaya peningkatan kapabilitas dalam penguasaan Bahasa Inggris, peserta mendapatkan materi English Best Practice dari Natalia Christiani, Kepala Seksi Kantor Hubungan Internasional dan Dosen Bisnis Internasional Manajemen – Kelas Internasional (IBM-IC) Universitas Ciputra, Surabaya.

Tidak hanya mendapatkan materi tentang pengembangan kompetensi diri, peserta juga dibekali ilmu teknis dalam strategi promosi investasi. Gatot Subyargo Wijayadi, Kepala Sub Direktorat Wilayah Jawa dan Bali Kementerian Investasi/BKPM, memberikan banyak ilmu tentang market research serta strategi promosi investasi yang tepat guna terhadap pembangunan Jawa Timur 2019 – 2024 menuju cipta kerja di daerah masing-masing Kabupaten/Kota.

Sebagai pamungkas, peserta diberi kesempatan mempraktikkan teori dari materi-materi yang didapat selama proses pembelajaran. Peserta ditantang membuat sebuah proyek investasi, kemudian dipresentasikan secara berkelompok.