Blog

Tingkatkan Sinergi Antar OPD Dalam Bidang Promosi, DPMPTSP Provinsi Jawa Timur gelar Rapat Perencanaan Promosi Penanaman Modal

  |   berita promosi, Business

dpmptsp.jatimprov.go.id –Capaian realisasi investasi Jawa Timur sampai dengan semester pertama 2022 menunjukkan kinerja yang menggembirakan dengan capaian 60% dari total target realisasi investasi tahun 2022 sebesar Rp. 80 triliun. Untuk memastikan kinerja capaian realisasi investasi dapat terus meningkat, maka dibutuhkan kolaborasi untuk menarik kepercayaan lebih banyak investor untuk menanamkan modalnya di Jawa Timur.

DPMPTSP Provinsi Jawa Timur terus berperan proaktif dalam melakukan kolaborasi, baik antar perangkat daerah di Jawa Timur maupun dengan DPMPTSP Kabupaten/Kota. Salah satu upaya proaktif yang baru saja dilakukan adalah dengan menggelar Rapat Perencanaan Bidang Promosi Penanaman Modal pada tanggal 8 November 2022. Bertempat di Ruang Jakarta Hotel Mercure Grand Mirama Surabaya, acara digelar dengan mengundang perwakilan dari 38 DPMPTSP Kabupaten/Kota di Jawa Timur dengan tujuan untuk peningkatan koordinasi, sinergi dan kolaborasi antar instansi dalam upaya meningkatkan promosi penanaman modal di Jawa Timur.

Kepala DPMPTSP Provinsi Jawa Timur, Dyah Wahyu Ermawati dalam sambutannya menekankan pentingnya investasi sebagai motor penggerak ekonomi dan sebagai jangkar pemulihan ekonomi selepas pandemi COVID-19. Dyah juga berharap dengan diselenggarakannya acara ini, perwakilan DPMPTSP Kabupaten/Kota mendapat kiat-kiat dalam melaksanan promosi potensi maupun peluang yang ada di daerahnya dari narasumber yang hadir.

Dalam paparannya, Erlin Puspitasari selaku East Java Regional Outreach Manager British Embassy memaparkan perkembangan trend investasi secara global yang mengarah ke sektor renewable energy. Sedangkan Akhmad Amirudin, Chief of Partnership Officer dari Smart ID memberikan pemahaman kepada peserta rapat tentang bagaimana membuat kebijakan-kebijakan mengenai strategi promosi potensi, peluang dan prospektus kepada investor. Norma Isnawati selaku Koordinator Substansi Promosi Penanaman Modal DPMPTSP Provinsi Jawa Timur memaparkan Program Kegiatan yang akan dilaksanakan Bidang Promosi DPMPTSP Jawa Timur sepanjang tahun 2023 yang akan datang. Rapat ditutup dengan diskusi mengenai berbagai permasalahan yang dihadapi seputar pelaksanaan promosi potensi, peluang dan prospektus yang dihadapi di masing-masing kabupaten/kota. Diharapkan dengan diskusi tersebut dapat menciptakan kesamaan visi diantara DPMPTSP Jawa Timur dengan DPMPTSP Kabupaten/Kota mengenai arah kebijakan, strategi, dan kegiatan Promosi Penanaman Modal di Jawa Timur. (RJ)